Ikatan Doktor Ilmu Manajemen (IKADIM)
(021) 42805324

Pelatihan Training of Trainer (ToT) Master Trainer Batch I

Ikatan Doktor Ilmu Manajemen (IKADIM) menginisiasi peningkatan kompetensi dalam ranka mencapai visi Indonesia 2045 menjadi salah satu dari 5 (lima) negara maju dengan pencapaian dibidang ekonomi, sosial, dan politik terbesar di Dunia.

Sebagaimana diketahui Indonesia Tahun 2045 ditandai dengan visi saat ini yang menurut Bappenas (Bappenas, 2019) diarahkan pada perwujudan Indonesia yang berdaulat, maju, adil, dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.Dibidang kependudukan, demografi global pada 2045 akan mencapai 9,45 miliar yang lebih dari separuhnya berasal dari Kawasan Afrika dan Asia yang masih terbesar penduduknya sebesar 55%. Dibidang ekonomi, meningkatnya peranan Asia dan Amerika yang diperkirakan 84% penduduknya menjadi kelas menengah ke atas namun pada saat yang sama, ketersediaan sumber daya alam diperkirakan tidak akan mampu lagi memenuhi kebutuhan permintaan yang meningkat meskipun teknologi akan meningkatkan efisiensi SDA. Negara-negara dengan emergin ekonomi yang baru diperkirakan mencapai output ekonomi 71 persen dengan Kawasan Asia sebagai pendorong utama. Investasi dibidang SDM dan infrastruktur serta reformasi structural dan iklim usaha akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, berdaya saing dan berkesinambungan. 

Untuk mencapai visi Indonesia 2045 tersebut, (Bappenas, 2019) dalam periode 2016 – 2045, ekonomi Indonesia ditargetkan tumbuh rata-rata 5,7 persen per tahun dengan yang diikuti dengan reformasi struktural, yang mengandalkan  bonus demografi dan kemajuan teknologi, serta meningkatkan daya saing ekonomi. Indonesia termasuk koperasi yang  diperkirakan akan menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada tahun 2036 dan PDB terbesar ke-5 pada tahun 2045. Pertumbuhan ekonomi sebagaimana ditargetkan tersebut diatas secara inklusif diharapkan meningkatkan jumlah kelas pendapatan menengah menjadi sekitar 70 persen penduduk Indonesia pada tahun 2045.seiring dengan meningkatkan kelas pendapatan kelas menengah ke atas diseluruh dunia. Visi 2045, juga ditandai dengan partisipasi tenaga kerja termasuk tenaga kerja perempuan yang meningkat dengan tingkat pendidikan tenaga kerja yang membaik, peranan tenaga kerja informal menurun, dan tenaga kerja di sektor pertanian berkurang dengan kesejahteraan yang lebih baik. Untuk mencapai kemampuan tenaga kerja yang tinggi, maka pada 2026 – 2035, penguatan transisi kerja dan pelatihan berbasis kompetensi serta penguatan relevansi dibidang teknologi informasi menjadi syarat mutlak. 

Selanjutnya menurut Bappenas (Bappenas, 2019) Industri sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan modernisasi industry yang difokuskan pada industri pengolahan sumber daya alam (SDA) berbasis kawasan dan sentra industri dengan integrasi rantai pasok dan rantai nilai dari hulu ke hilir, yang didukung oleh inovasi, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan kemitraan antara industri besar, sedang, dan kecil. Industri didorong menjadi bagian rantai nilai global (Global Value Chain) dengan prioritas pada industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, serta kimia dan farmasi.

IKADIM mengutip survey OECD (OECD, 2021) memberikan perhatian terhadap kondisi demografi Indonesia yang menguntungkan menghasilkan pertumbuhan ekonomi dengan melihat  pasokan keterampilan (yaitu tonjolan populasi usia kerja) sesuai dengan permintaan di pasar tenaga kerja. Perusahaan asing di Indonesia mengeluhkan kualitas karyawan, padahal itu bukan kendala utama yang mereka hadapi, dibandingkan dengan negara lain di kawasan. Ada kelebihan pekerja tidak terampil dan kekurangan pekerja terampil, dengan ketidaksesuaian mempengaruhi hingga sekitar 25% dari angkatan kerja dan diperkirakan akan bertahan lama. Kekurangan sangat akut untuk insinyur dan di sektor TIK. Sebelum COVID-19, kurangnya staf yang berkualitas juga merugikan pariwisata. Hal ini dapat terjadi lagi dalam jangka menengah dan menghambat strategi untuk memposisikan kembali Indonesia sebagai tujuan wisata kelas atas. Secara lebih luas, mungkin ada defisit 1,3 juta pekerja berketerampilan tinggi pada tahun 2020, meningkat menjadi 3,8 juta pada tahun 2030 (mewakili sekitar sepertiga dari angkatan kerja berketerampilan tinggi saat itu). Selain kekurangan, ada ketidaksesuaian pekerjaan: Allen (2016) memperkirakan bahwa 51,5% dan 8,5% pekerja masing-masing memiliki kualifikasi rendah dan kualifikasi berlebih.
Dalam menyiapkan kompetensi SDM Indonesia, Ikatan Doktor Ilmu Manajemen berkomitmen mengacu kepada referensi seperti yang dikemukakan Yukhno (Yukhno, 2021), dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dewasa ini, Inovasi system komunikasi yang terus meningkat dan seluruh kegiatan yang terkait dengan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology, ICT), menjadi sebuah metode pendekatan yang mengubah secara radikal kegiatan ekonomi dan pasar, memberikan peluang yang memungkinkan perusahaan menciptakan nilai keutungan atau nilai kerugian dalam waktu singkat. 

Saat ini, ekosistem dari kemajuan teknologi tinggi, menuntut operasi perusahaan memberikan respon yang cepat terhadap perubahan kondisi permintaan produk barang atau jasa dan permintaan tersebut saling terkait erat satu sama lain dengan supplier dan customer, sehingga perusahaan dituntut memiliki strategi digital dalam flatform yang tidak dapat berdiri sendiri yang dianalisis secara independent oleh masing-masing  terhadap ekosistem dan persaingan yang muncul. 

Dengan demikian, dengan strategi perusahaan dalam penggunaan platform digital memungkinkan perusahaan untuk melakukan perubahan terhadap batasan tradisional dalam industry dan bekerja di wilayah persaingan yang baru yang sebelumnya ditentukan hanya dalam penggunaan sumber daya secara terdigitalisasi. Dalam pandangan IKADIM,
funtutan pertukaran pengetahuan yang dikembangkan dan informasi yang diperoleh dari perilaku supplier dan customer akan terus dikomunikasikan diantara perusahaan-perusahaan dalam industri. Untuk itu, perusahaan memerlukan kepastian, posisi mereka dalam ekosistem perubahan flatform digital yang mensyaratkan kolaborasi erat yang saling menguntungkan dari para supplier dan customernya, yang dilakukan dengan menciptakan nilai-nilai dari setiap pengetahuan dan informasi yang dibagi bersama. Dengan kolaborasi yang tercipta tersebut melalui ekosistem dalam flatform digital melalui pertukaran pengetahuan dan informasil yang lebih luas selanjutnya akan menjadi inti pengembangan strategi yang paling efektif bagi perusahaan. Implikasi dari kebutuhan strategy perusahaan yang paling efektif tersebut membutuhkan kemampuan Dewan direksi yang harus memiliki kompetensi yang cukup untuk melakukan evaluasi  strategi pesaing yang mereka ambil dan berpotensi memiliki pengaruh yang berdampak pada perusahaan di lingkungan eksternal terhadap strategi yang diambil perusahaan maupun strategi yang diambil para pesaing.

Pada hari ini, IKADIM menunjukkan langkah awal menyusun kompetensi agar para peserta memiliki orientasi kebutuhan kompetensi untuk merespon kebutuhan kolaborasi dimasa kini dan akan datang dalam ranka tahap-tahap dalam langkah-langkah selanjutnya.